Misteri Ali Baba

Ali Baba merupakan suatu kisah yang memiliki banyak versi dari cerita 1001 malam. Konon pada abad ke 18 kisah ini paling populer dari cerita Arabian Night. Sehingga tak heran apabila banyak yang menceritakan kembali untuk anak-anak, dan kebanyakan media.

Kabarnya pada dahulu kala, ada sepasang adik kakak, namun diantara keduannya mempunyai nasib yang berbeda pula. Kakaknya bernama Qasim, dia seorang yang kaya raya dan hidup penuh kemewahan.

Sedangkan adiknya yang bernama Ali Baba, dianugerahi oleh tuhan hidup serba miskin, dan kekurangan harta. Meskipun begitu,dia tak pernah merasa iri maupun dengki terhadap kakaknya. Sebab dia bukanlah tipe orang yang suka atau sangat bernafsu mencari perihal duniawi.

Misteri Ali Baba

#  Misteri Ali Baba

1. Misteri Ali Baba Menemukan Sarang Pencuri

Ali Baba di dalam kisahnya digambarkan sebagai seseorang yang sangat miskin. Pekejaannya adalah penebang kayu. Suatu ketika dia menemukan rahasia tempatmya para pencuri. Namun tak lama kemudian, penjahat itu mencoba menyingkirkan dan membunuhnya. Untungnya para budak perempuannya berhasil menggagalkan semua usahanya.

2. Misteri Penemuan Gua Harta

Di dalam perjalanannya, Ali Baba menemukan sebuah Gua Harta. Ketika Ali Baba hendak masuk bingung bagaimana caranya, karena pintunya yang sangat besar dan mudah bergeser. Keberadaan gua ini semakin diyakini kalau ada banyak hartamya sejak ada banyak jejak kaki kuda di depan pintu itu.

3. Misteri Cara Membuka Pintu Gua

Ali Baba penasaran mengenai bagaimana cara membuka pintu gua tersebut. Ketika rasa penasaran bagaimana masuk pintu tersebut,dengan tidak sengaja Ali Baba melihat penyamun berteriak di depan pintu tersebut. Dengan berkata buka pintu, dan terbukalah gua itu. Sehingga pasukannya dapat masuk ke dalamnya.

4. Misteri Asal Harta Yang Diambil

Suatu hari Ali Baba melihat rombongan penyamun di balik pepohonan, dengan jumlah kurang lebih 40 orangan yang hendak menuju tempat persembunyiannya untuk menaruh barang rampasan yang diambil mereka. Ternyata mereka mengambil harta itu semua dari para pedagang di pasar, diminta melalui cara paksa.

5. Misteri Teriakan Penyamun

Ali Baba mendengar teriakan penyamin yang menyerupai seperti apa yang dia ucapkan ketika membuka pintu gua. Namun bedanya ini kata-katanya yaitu tutup pintu. Saat itu dia baru sadar, ternyata seperti itu caranya membuka pintu gua yang misterius itu. Tak heran jika para penyamun itu pergi semua, dia beranjak mencoba untuk masuk ke dalam karena sangat penasaran sekali.

6. Misteri Isi Barang Hasil Rampasan

Setelah mencoba memasuki gua itu, Ali Baba pun terkejut karea melihat banyak sekali barang berharga hasil rampasan penyamun itu. Adapun jenis barangnya, antara lain ada berupa emas, uang dan sebagainya yang tak terhitung jumlah nilainya. Selepas itu Ali Baba pun beranjak pergi sambil membawa sebagian harta itu untuk dibawa ke rumahnya.

7. Misteri Yang Menjadikannya Kaya

Membawa sebagian harta yang Ali Baba ambil dari gua itu, kemudian dia menceritakan semua hal yang dialaminya tadi kepada sang istri. Pendamping hidupnya itu pun ikut terkejut akan semua ini. Setelah beberapa bulan kemudian keluarga ini hidupnya berubah drastis menjadi kaya raya, sering membantu fakir miskin, namun tidak menjadikannya angkuh.

8. Misteri Keteledorannya

Suatu ketika Ali Baba sedang berbincang dengan istri kakanya atau Qasim. Ali Baba pun membuat keteledoran yakni menceritakan mengenai harta yang ada di gua itu, sehingga menyebabkan Qasim menjadi tahu tentang harta di dalam gua tersebut.

9. Misteri Perbuatan Qasim

Akibat mengetahui bagaimana Ali Baba berubah menjadi kaya. Akhirnya terbesit dipikiran Qasim untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Biar pun bagaiamana cara upaya tujuannya tercapai dan bisa berharap menyaingi adiknya yang menjadi kaya raya.

10. Misteri Ketamakan Kakanya

Tertanam rasa iri yang begitu besar pada diri Qasim , akhirnya dia menanyakan semua hal yang berhubungan dengan bagaimana cara mengambil harta di dalam gua. Sehingga suatu ketika, sampai dia pada gua penyamun itu, dan diambilah banyak barang yang ada disana. Namun setelah mendapatkan itu semua membuat sang kakak berubah menjadi sangat sombong, dan riya.

 

Sekian pembahasan mengenai misteri Ali Baba bersama penyamun. Semoga kita bisa mengambil hikmak dibalik cerita ini. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *