Misteri Alas Purwo

Banyuwangi merupakan salah kota yang terletak di Jawa Timur ini terkenal dengan pantainya yang indah.  Selain memiliki pantai yang indah ternyata terdapat destinasi wisata yang cukup menarik perhatian dengan segala keindahan alamnya yaitu Alas Purwo. Alas Purwo sendiri merupakan salah satu hutan yang terkenal dengan keangkerannya dan menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Penduduk setempat percaya bahwa ditempat ini tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.

Namun sekarang Alas Purwo telah dijadikan Taman Nasional, berlokasi di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional yang berada tepat di perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor). Hingga kini belum ada kendaraan umum yang bisa digunakan untuk sampai wilayah Alas yang penuh misteri ini. Misteri apa saja yang tersembunyi dari hutan Alas Purwo ? Berikut beberapa misteri yang perlu di ketahui oleh anda jika ingin berkunjung ke sana.

Misteri Alas Purwo

#  Misteri Alas Purwo

1. Misteri Kerajaan Jin Nusantara

Di balik keindahan Taman Nasional Alas Purwo, ternyata menyimpan banyak misteri di dalamnya dan hanya dapat di lihat oleh orang tertantu atau yang memiliki ilmu. Konon katanya, taman nasional ini merupakan tempat berkumpulnya semua jin dari seluruh wilayah Nusantara. Bahkan ada yang menuturkan bahwa di sana merupakan kerajaan jin.

2. Misteri Penampakan di Alas Purwo

Menurut cerita yang beredar, Alas Purwo terkenalnya sebagai Kerajaan Jin Nusantara. Selain itu banyak warga sekitar yang kerap kali melihat penampakan saat berada di Alas Purwo seperti genderuwo, kuntilanak, dan sosok jin lainnya, di tambah lagi dengan di dalam alas purwo terdapat pohon jati yang besar-besar dan gelap sehingga menjadikan suasanya menyerapkan.

3. Misteri Gadis Cantik

Alas Purwo merupakan tempat berkumpulnya gadis-gadis cantik, namun gadis yang di maksud adalah seorang manusia yang tinggal di dunia gaib. Konon katanya ada manusia yang melewati Alas Purwo telah menikahi salah satu diantaranya, kemudian turut serta tinggal di alam gaib.

4. Misteri Cahaya Alam Gaib

Di balik keindahan Taman Nasional Alas Purwo, konon katanya Alas Purwo mempunyai sejenis matahari sendiri. Menurut cerita yang beredar katanya di dalam alas purwo keadaannya sangat terang dengan segala kedamaian di dalamnya. Sinar yang dihasilkan menjadikan pemandangan di sekitarnya menjadi lebih jelas.

5. Misteri Orang Tersesat

Pohon-pohon yang tumbuh rapat di Alas Purwo, terkadang menimbulkan masalah tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke sana. Banyak yang telah masuk ke wilayah alas itu dan tidak kembali lagi karena tersesat dan diculik jin. Beberapa diantaranya kembali dengan kondisi menjadi gila. Kalaupun ada manusia yang mati di Alas Purwo, jasadnya tidak akan pernah ditemukan.

6. Misteri Tempat Semedi

Bersemedi merupakan salah satu budaya atau tradisi bagi warga atau penduduk di sekitar Alas Purwo, mereka biasanya melakukan semedi pada tanggal 1 Suro dan bulan purnama. Bahkan, telah beredar kabar bahwa Soekarno pernah bersemedi di Alas Purwo dan bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

7. Misteri Gua

Alas Purwo mempunyai tiga gua, yaitu Gua Istana, Gua Mayangkoro, dan Gua Padepokan. Gua Istana merupakansalah satu gua yang paling sering di kunjungi wisatawan, untuk lokasinya sendiri Gua Istana dekat dengan Pos Pancur. Sedangkan Gua Mayangkoro dan Gua Padepokan terkenal keramat sehingga lebih sering sebagai tempat semedi dan pesugihan.

8. Misteri Makam Mbah Dowo

Di dalam Misteri Makam Mbah Dowo terdapat makam yang mempunyai panjang hingga 7 meter. Makam ini terkenal dengan sebutan nama Makam Mbah Dowo. Lokasinya sendiri Makam Mbah Dowo terletak di tepian Alas Purwo. Semenjak ditemukannya makam Mbah Dowo oleh para penggembala yang tersesat, makam ini di jadikan tempat utnuk bersemedi hingga sekarang. Konon katanya isi makam Mbah Dowo bukan jasad manusia, melainkan tombak pusaka milik Empu Badara.

9. Misteri Pintu Masuk Dimensi Gaib

Salah satu yang masih menjadi misteri di Alas Purwo adalah adanya pintu masuk dimensi gaib. Konon, pintu gaib ini akan membuat makhluk-makhluk gaib menyebarkan aura hitam yang dapat membuat manusia lupa diri ketika melintasinya.

10. Misteri Gapura Gaib

Alas Purwo memiliki sebuah situs yang terkenal dengan Situs Kawitan. Situs Kawitan merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Majapahit ini sejak tahun 1968 selalu digunakan untuk kegiatan keagamaan. Situs Kawitan dipercaya sebagai salah satu situs keramat dan bukan situs sembarangan. Menurut warga di sekitar situs terdapat gapura-gapura gaib.

Gapura gaib sendiri di percaya sebagai gapura Kerajaan Majapahit. Gapuran ini akan terlihat apabila seseorang melakukan ritual Brata. Ritual Brata merupakan ritual yang dilakukan dengan cara meditasi selama tiga hari tiga malam sehingga menciptakan energi positif seperti dijaga oleh prajurit. Sedangkan di luar situs akan menciptakan energi negatif.

11. Misteri Larangan Alas Purwo

Ketika seseorang akan melintasi alas purwo ini, yang terletak di wilayah Banyuwangi, terdapat banyak larangan misalnya larangan supaya tidak membawa membawa barang. Konon, jika seseorang membawa barang ketika melewati alas, niscaya akan sakit.

12. Misteri Terowongan Gaib

Berdasarkan cerita penduduk, ada rombongan kendaraan yang melintasi Alas Purwo. Kendaraan paling depan adalah bus yang membawa penumpang tujuan Madura dari Jakarta. Truk tronton mengikuti dari belakang. Kemacetan di jalur utama akan dihindari jika mereka melewati jalur Alas Purwo.

Naas, tanpa sadar kedua kendaraan tersebut ternyata melewati sebuah terowongan gaib. Setelah beberapa saat melewati terowongan tersebut, tepatnya saat azan subuh berkumandang merekapun tersadar. Beberapa penumpang merasa kesal ketika mengetahui mereka telah berada di tengah hutan. Setelah sopir bus menjelaskan yang sebenarnya terjadi, semua penumpang menjadi lebih tenang. Kemudian, mereka meminta bantuan warga sekitar untuk mengeluarkan kendaraannya dari dalam hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *