Misteri Alas Ketonggo

Alas ketonggo merupakan salah satu hutan yang di jawa timur yang termasuk paling seram di Indonesia. Menurut legenda, nama alas ketonggo ini memiliki makna yang cukup dalam. Alas dalam bahasa jawa artinya adalah hutan. Sedangkan ketonggo maknanya adalah terlihat. Sementara onggo artinya adalah barang halus. Sehingga jika digabungkan akan menjadi hutan yang terlihat oleh barang halus. Makna dari barang halus sendiri sebenarnya merujuk kepada jin dan makhluk sejenisnya. Makanya tidak heran jika hutan ini disebut hutan yang paling menyeramkan.

Alas ketonggo sendiri merupakan sebuah tempat yang populer utnuk pertapaan paranormal sejak jaman dahulu kala. seperti yang di lakukan oleh Prabu Brawijaya V. Pada dasarnya lokasi ini memiliki setidaknya ada 24 lokasi bertapa yang sering digunakan oleh paranormal. Namun sesungguhnya yang terkenal hanya ada 10 lokasi pertapaan. Lokasi-lokasi inilah yang sering dijadikan bertapa oleh paranormal yang ingin mendapatkan wangsit.

Alas ketonggo termasuk lokasi pertapaan dan petilasan Prabu brawijaya V. Di lokasi inilah prabu brawijaya melepaskan semua tanda kebesarannya, ketika menjabat dan menguasai kerajaan majapahit. Hutan ini menjadi saksi sejarah pada jaman kejayaan kerajaan majapahit. Di kala itu, prabu brawijaya senantiasa berkunjung ke hutan ini untuk bertapa. Di lokasi ini ada sebuah petilasan yang akan mengeras setiap harinya. Petilasan inilah lokasi prabu brawijaya untuk melatih diri.

Namun sekarang ini Alas ketonggo kini sudah berubah menjadi lokasi wisata spiritual yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di lokasi hutan ini, anda akan menemukan beberapa lokasi pertapaan yang sering digunakan oleh prabu brawijaya selama kekuasaan kerajaan majapahit.

 

Misteri Alas Ketonggo

 

#  Misteri Alas Ketongo

1. Misteri pertapaan prabu brawijaya di alas ketonggo

Prabu Brawijaya V merupakan salah satu prabu dari kerajaan Majapahit. Prabu Brawijaya V di kenal sebagai orang yang mempunyai kegemaran bertapa. Banyak lokasi di Pulau Jawa yang sudah dijadikannya tempat bertapa oleh beliau salah satunya, Hutan Ketonggo. Dari zaman dulu hutan ini memang terkenal memiliki kelebihan tersendiri, dalam mengantar peziarah nya ke alam kesunyian khas Brawijaya 5. Biasanya seseorang akan percaya dengan adanya moskha, utnuk cirinya napak tilas dan meditasi sesuai dengan jalan yang ditempuh Prabu Brawijaya ke-5 ini, maka kita bakal moksha atau mati sempurna.

2. Misteri petilasan prabu brawijaya di alas ketonggo

Petilasan prabu brawijaya V di hutan ketonggo ini, hingga saat ini masih banyak di kunjungi oleh para penggiat spiritual dan budaya. Konon ketika menapak tilas di sana memberikan efek kedamaian batin belaka. Namun jika secara metafisika bisa memberikan energi positif pada tubuh, sehinga tubuh berasa plong adem dan tidak ada beban batin lagi.

3. Misteri mengerasnya petilasan prabu brawijaya setiap harinya di alas ketonggo

Ada beberapa spot yang dianggap sebagai tempat di mana Prabu Brawijaya V sering duduk bertapa. Anehnya spot ini akan mengalami pengerasan dan tanda khas yang sangat berbeda dari lingkungan di sekitarnya. Jika petilasan ini berbentuk batu, ya pada akhirnya batu ini mengeras sekali dan berwarna semakin terang melebihi batu lainnya.

4. Misteri palenggahan agung srigati di alas ketonggo

Palenggahan Agung Srigati merupakan salah satu spot duduk meditasi dari Prabu Brawijaya V. Tempat ini di katakan juga sebagai tempat yang sentral yang dianggap mampu membawa sukma tenggalam dalam alam suwung yang teramat dalam.

5. Misteri tanah yang terus tumbuh layaknya makhluk hidup di alas ketonggo

Di dalam hutan ketonggo terdapat fenomena aneh yakni di mana segunduk tanah terus meninggi, laykanya anak kecil yang terus bertumbuh dewasa. Kejadian ini belum di ketahui secara pastinya penyebabnya, namun faktanya benar-benar mengerikan seolah bernyawa saja.

6. Misteri kain putih penutup palenggahan agung srigati di alas ketonggo

Palenggahan agung srigati yang merupakan salah satu spot duduk meditasi dari Prabu Brawijaya V tampak sering ditutupi kain berwarna putih. Konon tujuannya supaya tidak terpapar debu dan mengalami kerusakan. Beberapa pendapat lain mengatakan, kain putih ini berfungsi untuk menetralisir energi negatif yang mungkin hadir bersamaan dengan banyaknya peziarah.

7. Misteri uang yang hilang di alas ketonggo

Kehilangan uang di hutan ketonggo sudah jadi momok bagi para peziaroh. Menurut cerita yang beredar, konon banyaknya tuyul di sana. Dengan banyaknya tuyul tempat ini di jadikan sebagai lokasi petapa bagi seseorang yang hendak melakukan pesugihan.

8. Misteri hilangnya ban di alas ketonggo

Selain uang yang kerap kali hilang, roda kendaraan juga mengalami hal sama. Misalnya ketika kendaraan sedang di parkirkan secara tiba-tiba kendaraan tersebut sudah kehilangan rodanya.

9. Misteri suara-suara aneh di alas ketonggo

Menurut cerita yang beredar para peziaroh di dalam hutan ketonggo banyak terdengar suara aneh. Contohnya suara aum-an harimau, konon suara ini dari peliharaan Prabu Brawijaya V yakni tepatnya harimau putih.

10. Misteri pelakon ritual mistis di alas ketonggo

Sebenarnya semua orang yang datang ke Hutan Ketonggo maka dirinya bisa dikatakan sebagai pelakon ritual mistis. Baik pesugihan atau penempaan ilmu kanuragan.

11. Misteri kali tempuk

12. Misteri jalan bercabang di alas

13. Misteri kabut tebal yang tidak biasa di alas

14. Misteri kampung aneh ketonggo

15. Misteri kisah perjalanan spiritual prabu Brawijaya V di Ketonggo

Itulah beberapa ulasan mengenai Alas ketonggo yang merupakan tempat pertapaan Prabu brawijaya V.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *