Misteri Alam Semesta

Jagat Raya atau Alam Semesta dan seisinya merupakan objek kajian bagi ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya untuk dipelajari.  Bagaimanakah proses terbentuknya jagat raya ? Adakah kehidupan lain selain di Bumi  ?  Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di benak kita. Sampai saat ini,  baru sebagian kecil rahasia alam semesta yang sudah terungkap melalui penelitian secara terus-menerus.  Pada era modern para astronom mendefinisikan alam semesta sebagai suatu ruangan yang sangat luas yang terdiri dari sekumpulan galaksi dan milyaran bintang-bintang, planet, komet, meteor maupun satelit.

 

Misteri alam semesta

 

Para astronom juga berhasil mengungkapkan beberapa fakta yang menajubkan mengenai alam semesta, yang saat ini belum terjelajah sepenuhnya.  Namun perlu di ketahui jika penemuan fakta oleh para astronom tidak dapat di jelaskan secara ilmiah , hanya sebagain kecil saja yang bisa di jelaskan secara ilmiah.  Bahkan ada beberapa fakta yang sampai sekarang menjadi misteri bagai para astronom.  Adapaun beberapa fakta yang masih menjadi misteri bagi para astronom antara lain :

#  Beberapa Misteri Alam Semesta

A. Pusat Alam Semesta

Layaknya tata surya di mana Bumi berada, tentu banyak orang mengira bila alam semesta ini juga mempunyai pusat. Akan tetapi, mengingat alam semesta terus bertambah besar, titik pusatnya menjadi tidak jelas.Bahkan, ilmuwan yakin bila setiap jengkal alam semesta bisa saja dikatakan sebagai pusat alam semesta.

B. Galaksi Saling Menjauh

Percaya atau tidak, galaksi di alam semesta ini saling menjauh, mengingat begitu luasnya alam semesta yang semkain bertambah luas.  Menurut para astronom, beberapa galaksi yang letaknya jauh dari Bima Sakti tidak bisa lagi dilihat dari Bumi.  Hal ini karena alam semesta terus bertambah luas dengan cepat, maka galaksi-galaksi di dalamnya juga semakin menjauh.  Akibatnya, cahaya dari galaksi-galaksi itu tidak bisa mencapai Bumi.  Dan aksi melarikan diri galaksi ini masih jadi topik panas di dunia astronomi.

C. Ujung Alam Semesta

Para astronom sendiri juga tidak mengetahui dimana lokasi ujung alam semesta ini, karena menginta alam semesta yang begitu luasnya dan kondisinya yang terus bertambah luas.  Namun para astronom sepakat membuat sebuah titik yang di sebut dengan ujung alam semesta. Para astronom menempatkan pada titik terjauh yang bisa di amati oleh manusia dari bumi, akan tetpai utnuk bisa mencapai titik ini, di butuhkan waktu 46,5 miliar tahun.

D. Tata Surya Dengan 3 Matahari

Pada umumnya pusat pada sebuah tata surya di alam semesta ini merupakan sebuah bintang seperti pada tata surya di mana bumi berada yakni hanya memiliki 1 bintang.  Namun berbeda halnya di gugusan bintang Cygnus, di dalam tata surya tersebut terdapat 3 bintang sebagai pusatnya.  Tata surya ini di namakan HD 188753, untuk jaraknya sendiri tata surya ini mencapai angka 149 tahun cahaya dari bumi.  Lantas bagaimana tata surya ini bisa berevulusi antara 3 matahari sebagai pusatnya ? Hingga sekarang masih menjadi misteri bagi astronom dan belum terpecahkan jawabannya baik secara ilmiah.

E. Tembok Besar Luar Angkasa

Hercules Corona Borealis merupakan sebuah gugusan galaksi yang berbentuk laykanya kain raksasa atau yang lebih di kenal dengan sebutan tembok terbesar di jagad raya.  Untuk ukurannya sendiri gugusan galaksi ini di perkiran mempunyai panjang 10 miliar tahun cahaya, dengan lebar 7,2 miliar tahun cahaya, dan memiliki tebal 1 miliar tahun cahaya.  Para ilmuwan juga mengatakan jika manusia mencoba melintasi gugusan galaksi Hercules Corona Borealis dengan kecepatan cahaya,  maka di butuhkan waktu sekitar 2 kali umur matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *