Misteri Abu Nawas

Abu Nawas merupakan nama salah satu tokoh yang sering anak kecil dengar. Konon dia memiliki sifat yang cerdik, dan pada bografinya tertuliskan bahwa dia salah satu orang tercedik di dunia. Kabarnya Abu Nawas merupakan orang yang paling cerdas, dan tercerdik di dunia. Dalam berbagai majalah anak-anak, sering di ceritakan mengenai biografinya. Akan tetapi dia bukanlah tokoh fiktif, melainkan sosok nyata yang pernah hidup di dunia. Kabarnya dia lahir di kota Ahvaz atau Iran, pada tahun 145 H atau 747 M.

Misteri Abu Nawas

1. Misteri Abu Nawas Seperti Seorang Guru Sufi

Abu Nawas merupakan seseorang yang penuh misteri, orang ini terlihat seperti orang pada umumnya namun bukan orang sembarangan atau orang biasa. Banyak yang bilang kalau dia seperti guru sufi. Akan tetapi tak dapat dipungkiri dirinya masih mau dekat dengan para warga, bahkan para jelata. Perlu diketahui bahwa banyak yang menceritakan tentangnya, sampai terkesan kurang masuk akal, sehingga kita harus lebih waspada, dan kritis memahaminya.

2. Misteri Nama Aslinya

Menurut informasi yang di dapat panggilan yang terkenal dengan sebutan Abu Nawas itu, bukanlah nama aslinya. Sebenarnya dia mempunyai nama yang cukup panjang, yaitu Abu Ali al-Hasan bin Hani al-Hakami. Nama tersebut kerap dikaitkan dengan kisah seribu satu malam. Dari kisah seribu satu malamlah orang-orang mengenal namanya.

3. Misteri Masa Kecilnya

Menurut info yang di dapat sewaktu kecil Abu Nawas telah menjadi anak yatim yang tinggal bersama ibunya. Ibunya sendiri hanya bekerja sebagai sebagai pencuci kain wol. Lambat laun Abu Nawasdibawa oleh Ibunya ke Irak, tepatnya dikota Bashrah. Disanalah dia banyak menimba ilmu, dan pengetahuan yang baru.

4. Misteri Ilmu Yang Dipelajarinya

Cerita mengenai Abu Nawas banyak menuai kontroversial dikalangan masyarakat. Sampai dia sangatlah terkenal sebagai pujangga yang memiliki sajak yang bernilai spiritual, kemanusiaam, dan keadilan. Selain itu juga, dia dikenal sebagai tokoh hebat dalam ilmu sastra Arab islam. Semasa dia hidup, ilmu yang dipelajarinya terbilang cukup banyak, antara lain ada sastra Arab, Al-Qur’an, dan ilmu hadist.

5. Misteri Puncak Karir Kesustraan Arabnya

Ketika Walibah bin Habab al-Asadi bertemu dengan Abu Nawas, ketika itulah Abu Nawas berubah dalam bahasanya yakni menjadi lebih halus dari sebelumnya. Dimana saat itu menjadikan Nawas tersebut memiliki puncak karir dalam bidang kesusastraan Arab. Setelah berjalannya waktu, kemudian dia bergegas hijrah ke Kufah. Disitu dia mendapat anugrah hidup yang lebih baik, serta penguasaan bahasa Arabnya juga semakin berkualitas.

6. Misteri Sifatnya

Al-Wasith fil Adabil ‘Arabi wa Tarikhihi, merupakan salah satu kisah sastra Arab yang menceritakan tentang Abu Nawas. Menurut ceritanya, konon dia adalah orang yang sangat pandai, teliti, jenaka, serta pintar berbicara. Selain itu dia juga dikenal sebagai penyair yang sering bertingkah laku tak lazim, dan unik.

7. Misteri Trik Penanganan Masalahnya

Setiap kali ada suatu permasalahan, Abu Nafas selalu mempunyai trik tersendiri dalam menanganinya. Adapun contohnya, Abu Nawas selalu menyikapi masalahnya dengan humor. Perkataannya terbilang sangat lucu, namun tentunya dia otaknya cerdas. Walaupun agak konyol akan tetapi terlihata kepiawaiannya.

8. Misteri Pengembaraannya Saat ke Kufa dan Bashra

Ketika usianya menginjak dewasa, Abu Nawas melakukan pengembaraan ke area Kufa dan Bashra. Di tempat itu dia mulai beradaptasi pergaulan dengan orang badui padang pasir, dan belajar bahasa Arab. Setelah lama-kelamaan dia menjadi sangat mahir dalam bersyair, menyanyi, dan berpantun.

9. Misteri Akhir Hayatnya

Setelah banyak menimba ilmu, dan menguasai banyak pengetahuan Abu Nawas ternyata kejatuhan masalah. Kabarnya dia sampai di penjara oleh para penguasa. Hal tersebut membuatnya hancur, hidupnya berubah drastis. Namun luar biasanya kehidupan spiritualnya mulai terangkat, sebab syairnya sangat memiliki nuansa keagamaan. Tentang waktu kapannya dia meninggal sampai kini masih sangat bersifat misteri, hanya diketahui makamnya ada di Syunizi, Baghdad.

10. Misteri Pasca Meninggalnya

Pasca meninggalnya Abu Nawas, masih banyak orang yang tertawa olehnya. Pada bagian pintu gerbangnya terkunci dengan gembok ajaib miliknya. Akan tetapi pada bagian kiri dan kanan pintunya, pagarnya bolong. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah berziarah ke makam itu. Mungkin ini semua terkesan konyol, tetapi sepertinya ini semua menggambarkan sifat humoris yang dimilikinya semasa hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *